You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Indonesia Pencak Silat Championship Ke-2
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Ribuan Pelajar Ikut Indonesia Pencak Silat Championship ke-2

Ribuan atlet pencak silat unjuk gigi pada perhelatan Indonesia Pencak Silat Championship (IPSC) ke-2 di GOR Ciracas, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (24/2). Para peserta dari berbagai perguruan dan padepokan itu memperebutkan Piala Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Untuk peserta selamat bertanding

Pembina Indonesia Pencak Silat Championship, M Syarif mengatakan, IPSC yang digelar mulai 24-26 Februari 2023 diikuti oleh 2.378 pelajar yang tersebar di seluruh DKI Jakarta. Bahkan magnet acara tersebut juga menarik perhatian atlet luar DKI seperti dari Muara Enim, Sumatera Selatan.

"Para peserta juga ada juga yang datang dari luar Jakarta. Seperti dari Muara Enim, Tangerang, Jawa Barat, Indramayu. Jumlah peserta terdiri dari 1.204 peserta SD dan PAUD, SMP 887 peserta dan 274 peserta adalah pelajar SMA. Dengan kategori tanding, seni tunggal ganda dan beregu," ujar Syarif yang juga anggota DPRD DKI Jakarta tersebut.

Satu Abad PSHT Diisi Aksi Donor Darah di Padepokan Silat TMII

Syarif menyampaikan, gelaran IPSC yang pertama disebutnya sudah digelar pada tahun 2022 lalu dan akan dihelat yang ketiga pada akhir 2023. Syarif optimistis bakal menggelar acara serupa dengan jumlah peserta lebih banyak setelah melihat antusiasme peserta yang begitu besar.

"Untuk peserta selamat bertanding, jaga sportivitas, keguyuban antar klub dan padepokan. Karena saat ini memperebutkan piala PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono serta uang pembinaan yang nominalnya lumayan dan meningkat dari tahun lalu. Ada uang, piala dan medali," urai Syarif.

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali mengatakan, perhelatan ini sangat membanggakan karena pesertanya berasal dari Jabodetabek bahkan Muara Enim. Marullah berharap IPSC dapat memperkuat jalinan silaturahmi yang baik antar atlet pencak silat. Marullah menilai, sekarang bukan zamannya lagi adu kekuatan untuk saling melukai, tapi menunjukan prestasi.

“Dulu pencak silat melukai orang lain, tapi sekarang dinamikanya berbeda. Lebih ke bagaimana untuk tidak melukai orang lain. Karena melihat animonya cukup besar dilihat dari jumlah peserta, semoga IPSC akan berlanjut dan terus digelar," kata Marullah.

Sementara itu, Asisten Deputi Kemenpora RI, Ibnu Hasan memberikan apresiasi kepada panitia atas berlangsungnya acara ini dan berhasil menyatukan berbagai klub serta padepokan pencak silat yang ada di Jakarta, bahkan luar pulau Jawa.

“Tidak mudah untuk mengelola tapi semangat untuk mencari bibit unggul para atlet terlihat dari suksesnya acara ini," tandas Ibnu.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1021 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing